Monday, February 16, 2009

MUTU SELAMATKAN FIORENTINA

Adrian MutuGenoa - Adrian Mutu bermain hebat untuk menghindarkan Fiorentina dari kekalahan di tangan Genoa. Tertinggal 0-3 lebih dulu, Fiorentina berhak atas hasil seri 3-3 hasil dari trigol Mutu.

Pertarungan di Luigi Ferraris, Minggu (15/2/2009), ini merupakan sebuah perang yang sengit untuk memperebutkan satu posisi di zona Liga Champions. Sebelum laga, Fiorentina duduk di posisi empat dan Genoa lima.

Genoa bermain luar biasa untuk unggul cepat melalui Thiago Motta. Meski Giuseppe Biava dikartumerah wasit di menit 31, itu tak menghalangi Rossoblu untuk memperlebar jarak jadi 3-0 lewat gol Rafaele Palladino dan Diego Milito.

Tetapi Fiorentina memang harus bersyukur punya Mutu. Penalti Mutu di menit 60 digandakan dengan gol keduanya di menit 80 sebelum akhirnya gol penyama kedudukan dicetaknya di menit penghabisan pertandingan.

Menit 12, memanfaatkan umpan cungkil Marco Rossi, Motta sukses membobol gawang Fiorentina. Dengan dingin, pemain Brasil itu menaklukkan kiper Sebastien Frey dengan sepakannya.

Genoa harus bermain dengan 10 orang setelah Biava diusir keluar lapangan. Espulso diacungkan wasit karena pelanggarannya kepada Stevan Jovetic pantas diganjar dengan kartu kuning kedua.

Tuan rumah menutup babak pertama dengan keunggulan 2-0 melalui gol kedua yang disumbangkan Palladino di menit 38. Bermula dari aksi luar biasa Giandomenico Mesto di sayap kanan, dengan mudah Palladino menyontek bola yang diumpankan Mesto ke gawang Frey.

Sembilan menit babak kedua berjalan, pelanggaran Alessandro Gamberini kepada Domenico Criscito membuahkan hadiah penalti bagi Genoa. Milito yang menjadi eksekutor sukses menjadikan skor 3-0.

Fiorentina melihat secercah harapan empat menit kemudian lewat gol penalti Mutu. Sepakan 12 pas diberikan wasit karena kiper Genoa Rubinho melanggar Alberto Gilardino di kotak terlarang.

La Viola yang berupaya bangkit menemukan momennya di menit 80. Mutu membuat skor jadi 2-3 dengan tembakan bebas yang melabrak mistar terlebih dahulu sebelum menjadi gol.

Di sisa waktu yang ada, Fiorentina makin menggebu mengejar kedudukan. Upaya pasukan Cesare Prandelli berbuah hasil di menit terakhir ketika Mutu mencetak gol ketiganya dengan sepakan melengkung dari dalam kotak penalti.

Hasil 3-3 ini tidak mempengaruhi posisi kedua tim di klasemen Seri A. Fiorentina masih duduk di peringkat empat dengan koleksi 42, sementara Genoa berada satu strip di bawah dengan 41 biji angka.


No comments: